General Manajemen
1.
Manajemen Keuangan
2.
Manajemen Sumber Daya Alam
3.
Manajemen Transfort
4.
Manajemen Pergudangan/Logistik
5.
Manajemen Pemasaran
6.
Manajemen Informasi
7.
Manajemen Resiko
Manajemen adalah proses untuk
mencapai tujuan bersama dengan menggunakan atau melalui orang lain dengan
memanfaatkan sumber-sumber manajemen yang efektif dan efisien.
Kenapa perlu manajemen ?
==== jawaban yang cukup mudah
==== Hal ini dikarenakan tidak lah lain supaya proses pencapaian tujuan menjadi
lebih terkendali, efektif dari segi penggunaan dan efisien dari segi biaya,
sehingga tujuan menjadi tercapai sesuai keinginan atau bahkan melebihi dari hal
yang diinginkan.
Lalu, adakah kegunaan lain ?
==== tentu ====
MENGINGAT
Product Risk Saker, Fase
kehidupan, baik kehidupan perusahaan maupun kehidupan manusia.
Dikatakan fase kehidupan karena
hal ini menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan terhadap perusahaan
atau badan usaha dalam menjalankan proses usahanya. Adapun tahapannya, yakni :
1. Fase
Tumbuh > Perusahaan tumbuh, memulai bisnisnya.
2. Fase
Berkembang > Perusahaan mengalami surplus dalam bisnis.
3. Fase
Dewasa > stlh berkembang menjadikan perusahaan dewasa, jaya, makmur.
4. Fase
Penurunan > tentu adanya penurunan stelah terjadi kejayaan
5. Fase
Kejenuhan > jenuh karena bisnis mulai menurun
6. Mati
> tidak ada lagi kegiatan uasaha
Melihat uraian tersebut, setiap
perusahaan pasti mengalami hal yang demikian. Lantas, apakah kaitannya dengan
manajemen ??? hal ini tentu berkaitan karena manajemen dapat mempengaruhi
fase-fase tersebut. Misalnya dengan manajemen yang baik, tentu proses
perkembangan akan menjadi cepat untuk mencapai fase dewasa dan akan lebih
lambat ke fase kejenuhan, begitupun sebaliknya.
Hanya itu saja ???
=== tentu tidak === bukan kah
tujuan utama dari kegiatan bisnis itu adalah untuk kontinuitas, disamping
menjapai profit semaksimal mungkin dengan modal tertentu. Maka dari itu, untuk
mencapai kontinuitas perlu manajemen. Sehingga siklus tersebut ditambahkan
menjadi :
1. Fase
Tumbuh > Perusahaan tumbuh, memulai bisnisnya.
2. Fase
Berkembang > Perusahaan mengalami surplus dalam bisnis.
3. Fase
Dewasa > stlh berkembang menjadikan perusahaan dewasa, jaya, makmur.
4. Fase
Penurunan > tentu adanya penurunan stelah terjadi kejayaan
5. Fase
Kejenuhan > jenuh karena bisnis mulai menurun
6. Mati
> tidak ada lagi kegiatan uasaha
7. Memodifikasi
Memodifikasi artinya merefresh
kembali apakah faktor yang menjadikan kemunduran, jelas bahwa peran manajemen
yang baik sangat diperlukan.
Masih banyak peran lain dari
manajemen, tapi nanti akan kita bahas lagi ya....
Setelah disinggung sedikit
mengenai manajemen, lalu perlu diketahui apa saja yang dapat manfaatkan manajer
selaku orang yang memanajemen perusahaan, agar tujuan dapat tercapai. Hal
demikian yakni :
1. Sumber
Daya Perusahaan
2. Sumber
Manajemen
1.
Sumber daya perusahaan meliputi hal-hal yang
terkandung dalam struktur organisasi perusahaan. Tentu setiap struktur
organisasi memiliki relief yang berbeda meski dalam range perusahaan yang sama.
Dengan kata lain, yang dikatakan sumber daya perusahaan adalah orang yang dapat
dimanfaatkan dalam perusahaan, seperti dirut, manajer, dll.
Hal lain yang perlu diingat,
kenapa diadakan suatu spesifikasi sehingga menjadikan sumber daya perusahaan,
yakni dikarenakan keterbatasan, keterbatasan ilmu, waktu, fisik, dan ingatan,
untuk mengerjakan semuanya. Maka dari itu dibentuk spesifikasi sendiri.
2.
Sumber manajemen meluputi : 6M
a.
Man (orang)
b.
Money (uang)
c.
Mechine (mesin)
d.
Material (bahann baku)
e.
Method (metode)
f.
Market (pasar)
Pemanfaatan sumber daya
perusahaan dan sumber-sumber manajemen dengan menggunakan fungsi-fungsi
manajemen, yaitu :
Planning >> Organizing
>> Leading>> Controlling >>> TUJUAN
1. Planning
(perencanaan)
Suatu fungsi dimana manajemen
atau manajer, orang yang memanajemen, melakukan perancangan perkiraan-perkiraan
hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan, baik
dari segi metode yang digunakan, maupun fasilitas untuk pelaksanaannya sehingga
pencapaian tujuan menjadi efektif dan efisien.
2. Organizing
(pengorganisasian)
Pengorganisasian adalah fungsi
manajemen dimana tujuannya adalah untuk mengaplikasikan teknis yang telah
direncanakan untuk mencapai tujuan kepada sumber-sumber manajemen maupun sumber
daya perusahaan. Dimana dalam fungsi ini sumber manajemen dan sumber daya
perusahaan tersebut harus diseleksi terlebih dahulu supaya dapat didelegasikan
kepada teknisi yang tepat.
3. Leading
(kepemimpinan)
Setelah diorganisasikan,
manajemen atau orang yang memanajemen, melakukan tindakan kepemimpinan,
mengendalikan, dan membuat keputusan, supaya teknisi yang dibebankan tanggunngjawab
melakukan tugas sesuai jalur yang ditetapkan, hal yang demikian disebut fungsi kepemimpinan.
4. Controlling
(pengawasan)
Controlling adalah fungsi
manajemen yang tujuannya untuk mengawasi teknisi supaya bekerja sesuai dengan
keputusan atau cara yang selayaknya dan apabila terjadi penyimpangan manajemen
perlu meluruskannya.
Created By Gusti Pares
Created By Gusti Pares
Sumber : Drs. Adlyn Kamarrudin
0 komentar:
Post a Comment